Tentang Kami

Kebun Semampir merupakan tempat dimana petani dan calon petani memulai kegiatan belajar tanam, belajar produksi, mengenali benih tanaman, merawat tanaman hingga membangun produk hasil tani. Dan membangun pasar bersama-sama.

Kebun Semampir memiliki impian untuk masa depan, dimana tercipta konsistensi mutu dalam produk pertanian diiringi dengan terjaminnya suplai produk sehingga terbentuk rantai suplai yang memenuhi kebutuhan produk pertanian di masyarakat.

Impian ini diwujudkan melalui program dengan nama standarisasi produk, yang saat ini sudah mulai dijalankan untuk beberapa produk seperti Alpukat, Jeruk, Jahe Gajah dan Kapulaga. Metode standarisasi ini mengutamakan penjagaan mutu produk serta terciptanya luasan lahan tanam yang ideal.

Standarisasi Produk

Berdasar pada data yang menyebutkan bahwa produk pertanian di Indonesia secara keseluruhan tidak memiliki konsistensi mutu dan kuantitas, maka sangat penting untuk membangun standarisasi produk dari hulu hingga hilir.

Program ini mengajak para petani yang memiliki luasan lahan skala kecil untuk bersama-sama menanam 1-2 jenis komoditi, dan memaksimalkan potensi lahan sesuai dengan jenis komoditi yang cocok. Standarisasi di mulai dari sertifikasi lahan, benih tanaman yang bersertifikat, kemudian cara bercocok tanam, perawatan hingga paska panen dengan standar penanganan paska panen komoditi.

Untuk mendukung gerakan membangun standar kualitas dan kuantitas produk, tim Kebun Semampir juga membuat riset dan pengembangan pupuk sebagai penyerta dalam pemupukan tanaman supaya tercapai hasil maksimal, yang tentu juga disertai standar operasi dan prosedur sesuai aturan Kementerian atau badan pangan dunia.

Alpukat Kebun Semampir

Pemasaran Produk

Demi membangun rantai suplai maka tentu saja tidak bisa melepaskan diri dari soal pemasaran produk. Tim Kebun Semampir telah menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan pemasaran hasil produk standarisasi. Bekerja sama dengan banyak pihak, kami bergerak membangun jaring pemasaran untuk menampung hasil produksi.

Pemasaran merupakan kunci persoalan yang selama ini menjadi hal paling sulit diakses oleh para petani. Oleh karena itu kami juga menyiapkan toko daring produk tani sebagai tempat penyaluran produk pertanian meski dalam skala kecil atau tertentu.

Wisata Petik Buah

Sebagai bagian dari tanggung jawab pendidikan untuk masyarakat luas, Tim Kebun Semampir juga membuat program Wisata Petik Buah bagi masyarakat sekitar sesuai dengan jadwal panen tanaman buah-buahan yang ada dalam perawatan program standarisasi kualitas produk.

Selain itu, memberi gambaran serta mengajak masyarakat selain hidup sehat dengan mengkonsumsi buah-buahan, juga sekaligus memberi gambaran kepada masyarakat untuk mau bertani dan menghidupkan pertanian yang terbukti tahan banting terhadap situasi pandemi.

Tim Kebun Semampir

Beberapa anak-anak petani yang memiliki impian untuk kembali pulang membangun pertanian sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia.

Produk Terbaru